KPU Subang Rekrut 19.964 Anggota KPPS pada Pilkada 2018

Untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 Juni 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang merekrut sekitar 19.964 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suasa (KPPS). Jumlah tersebut belum ditambah 5.704 petugas pengamanan langsung untuk 2.852 TPS.  Menurut Ketua KPU Subang Maman Suparman banyaknya jumlah petugas KPPS dikarenakan setidaknya dalam 1 TPS terdapat 7 anggota KPPS dan 2 orang untuk pengamanan langsung.

Pengambilan data bakal calon anggota KPPS dilakukan oleh PPS. Beberapa persyaratan untuk menjadi anggota KPPS diantaranya bebas dari keanggotaan Parpol (Partai Politik) maupun Timses, bersikap netral dan minimal lulusan SLTA. Namun, jika tidak ditemukan calon lulusan SLTA dengan kemampuan yang sesuai, maka PPS dapat mencari masyarakat yang berusia minimal 17 tahun keatas serta memiliki kemampuan membaca, menulis, dan berhitung dengan baik. Menurut Maman, anggota PPDP juga diperbolehkan menjadi anggota calon KPPS.

“Jauh sebelumnya kita sudah berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS untuk melakukan proses seleksi tahapannya”, ujar Maman. Netralitas dijadikan kunci bagi anggota KPPS dalam melakukan proses seleksi. Hal ini tertuang dalam keterangan bermaterai.

Proses pembentukan anggota KPPS memerlukan waktu yang cukup panjang. Proses ini dilakukan sejak 3 April hingga 3 Juni yang akan datang. “Sekarang sudah selesai di tingkat PPK dan tinggal kita teliti kembali”, tambahnya.

REALITAJABAR