Kata Kepala BPKD Subang Soal Anggaran Atlet Porda Belum Cair

Pekan Olahraga (Porda) Jabar XIII secara resmi telah dibuka pada Sabtu (6/10/2018) di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor. Pembukaan dilakukan secara langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Namun ditengah kemeriahan pembukaan Porda Jabar itu, banyak daerah yang belum bisa membiayai atlet yang akan bertanding. Salah satu daerah yang anggaran Pordanya belum cair adalah Kabupaten Subang.

Bahkan saat para atlet diberangkatkan, Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim mengakui bahwa saat ini Pemkab Subang belum bisa memberikan dukungan yang sangat sempurna kepada para atlet.

Untuk menjawab keresahan yang tentunya saat ini dirasakan para atlet dan official. Ternyata anggaran untuk para atlet yang bertanding di Porda Jabar tinggal menunggu waktu.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang H. Syawal sebenarnya anggaran untuk atlet Porda sudah teralokasikan dalam APBD perubahan 2018.

“Sudah kita alokasikan, didalam ABPD perubahan. cumakan APBD disahkannya tanggal 28. Setelah APBD diseahkan itu masih ada evaluasi dari gubernur dan proses itu yang belum tutas. Alokasi tetap Rp 4 miliar,” kata H. Syawal saat dihubungi Mediajabar.com, Senin (8/10/2018).

Sambil menunggu APBD perubahan, menurut H. Syawal selama ini pihak KONI Kabupaten Subang sudah berusaha keras untuk tetap berangkat ke Bogor untuk mengikuti Porda.

“Kita sangat mengapresiasi karena saat pembukan, para atlet tetap berangkat, saya harap peritiwa ini tidak mempengaruhi semangat atlit, dan saya secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada pengurus KONI yang berusaha keras,” katanya.

Selain di Subang, ternyata ada beberapa daerah yang memiliki permasalahan yang sama. Anggaran untuk atlet belum bisa dicairkan karena masuk anggaran perubahan yang masih harus melewati evaluasi dari gubernur.

“Memang selain Subang, ada beberap kabupaten lain yang terkendala dari perubahan APBD,” katanya.

Seperti diketahui, dalam Porda Jabar yang dilaksanakan di Bogor, Kabupaten Subang akan mengirimkan sebanyak 97 atlet dan 57 official, total 154 orang.

Adapun cabang olahraga yang akan diikuti 22 cabang olahraga dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan target 20 medali emas dan masuk peringkat 10 besar dalam Porda Jabar.