Terdakwa kasus “Papa minta saham” Setya Novanto kembali berulah

Bentengpancasila.com Bandung – Berita terkini mengenai Setya Novanto membuat geger publik, lantaran tersangka korupsi e-KTP tersebut kepergok sedang pelesiran bersama keluarga. Setya Novanto kepergok sedang berada di sebuah toko bangunan daerah Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dalam foto yang beredar di media sosial, Setnov pada Jumat (14/6/2019) siang di kawasan Padalarang.

Setnov tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu, Setnov tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah.

Dengan beredarnya foto tersebut, Setnov akhirnya dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Gunung Kidul.

Alasan dipindah ke Gunung Kidul adalah disana memiliki pengamanan yang ekstra ketat. Disana, nantinya Novanto akan selapas dengan napi teroris.

Hal tersebut dibenarkan, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberty Sitinjak di Lapas Sukamiskin Bandung.

Menurutnya pada Jumat malam, Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur supaya pengamanannya super maksimum.

“Karena menurut saya ini perlu dilakukan. Di Laps Gunung Sindur pengamanan ekstra ketat, mayoritas warga binaan kasus terorisme,” kata Liberty Sitinjak.

Liberty tak memungkiri pemindahan Setnov ke Lapas Gunung Sindur berkaitan dengan beredarnya foto Setnov bersama istrinya di toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat siang tadi.

Namun, dia membantah pemindahan terkait akumulasi dari kejadian-kejadian sebelumnya, seperti Setnov berada di rest area KM 97 dan di sebuah rumah makan padang dekat RSPAD Gatot Soebroto.

“Pemindahan murni karena kejadian hari ini. Itu yang mendasari keputusan saya malam ini,” ujar dia.

Menurut Liberty, perlu mengambil tindakan tegas terhadap narapidana kasus korupsi E-KTP itu. Menurutnya, perbuatan Novanto pelesiran merupakan salah satu pelanggaran berat.

“Ini murni peristiwa hari ini yang mendasari saya mengambil keputusan malam ini juga. Ini tindakan yang harus saya lakukan sebelum saya melaporkan kepada Pak Menteri,” tutur Liberty.