Polres Subang Amankan Dua Calo Tenaga Kerja

Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni saat menggelar konferensi pers di Halaman Kantor Satreskrim

Tim Gabungan Sat Reskrim dan Satgas Saber Pungli Polres Subang berhasil mengungkap praktik penipuan dengan modus perekrutan tenaga kerja di PT Taekwang Industrial Indonesia yang beralamat di Kecamatan Cibogo, Subang.

Tidak tangung-tanggung para tersangka dapat mengantongi uang dari mulai Rp 2,5-10 juta dari salah satu calon tenaga kerja yang diiming-imingi akan diterima sebagai pekerja di perusahaan asal Korea tersebut.

Menurut Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni, pengungkapan aksi penipuan dengan modus perekrutan tenaga kerja ini berawal dari jajaran Sat Reskrim Polres Subang yang menerima laporan dari warga terkait adanya akun Facebook PT. Taekwang Industrial.

Akun yang mengatasnamakan PT Taekwang Industrial itu memposting lowongan berbagai pekerjaan dengan menawarkan posisi tertentu. Setelah itu pelapor meyakini jika akun facebook itu resmi, kemudian setelah ada komunikasi antara pelapor dan pemilik akun, pelapor diminta sejumlah uang untuk melamar kerja di perusahaan tersebut.

“Iya, pelapor diminta sejumlah uang untuk melamar di PT.Taekwang Subang. Jumlah uang yang dipinta sebesar Rp 2,5 juta sampai dengan Rp 10 juta,” kata Kapolres Subang didampingi Kasat Reskrim Polres Subang AKP M Ilyas Rustiandi dalam konferensi pers di halaman Kantor Reskrim Mapolres Subang, Senin (23/7/2018).

Setelah mendapatkan laporan dari korban, kemudian Tim Saber Pungli Polres Subang langsung bergerak, dan berhasil meringkus 2 pelaku penipuan berinisial Kar (28) warga kecamatan Binong dan End (44) warga Cinangsi, Cibogo.

Dua tersangka itu menurut Kapolres telah melakukan pertemuan dengan para calon tenaga kerja setelah mereka berkomunikasi melalui media sosial. Antara tersangka dan korban, mereka melakukan pertemuan secara langsung untuk memberikan berkas lamaran kerja berikut uang tunai sesuai yang telah ditentukan.

“Pada hari Jumat sekitar pukul 14.00 WIB bertempat disalah satu warung depan PT Taekwang dan di rumah pelaku, tim gabungan Sat Reskrim Polres Subang dan Satgas Saber Pungli berhasil mengamankan dua pelaku penipuan tersebut,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan berupa, 1 buah Handphone merek Evercross warna emas, screenshoot akun facebook dan Whatsapp, uang tunai Rp 17.550 juta, dan beberapa lembar kwitansi.

“Kedua tersangka diancam pasal 45a ayat 1 jo pasal 28 ayat 1 UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi dengan ancaman pidana 6 tahun dan denda paling tinggi Rp 1 milyar dan pasal 378 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun,” tandasnya.