Kalahkan PERSIB 2-1, PERSIJA Jakarta Raih Gelar Juara Piala Menpora 2021

Kalahkan PERSIB 2-1, PERSIJA Jakarta Raih Gelar Juara Piala Menpora 2021
Kalahkan PERSIB 2-1, PERSIJA Jakarta Raih Gelar Juara Piala Menpora 2021

BENTENGPANCASILA.COM – SOLO, PERSIJA Jakarta akhirnya juarai Piala Menpora 2021 setelah mengalahkan PERSIB Bandung di leg ke-2 dengan skor 2-1 pada minggu malam 25 April 2021 di stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Dua gol Persija dicetak oleh Osvaldo Haay pada menit ke-51 dan Riko Simanjuntak pada menit ke-90. Sedangkan, di menit ke-83 Ferdinand Sinaga menyumbang gol untuk Maung Bandung.

Pada leg pertama, Persija menang 2-0 atas Persib di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis 22 April 2021. Dengan demikian, skuad Macan Kemayoran menang agregat dengan skor 4-1 atas Persib. Hasil itu memastikan Persija berhasil menjadi juara Piala Menpora 2021.

Persija dan Persib memulai babak pertama dengan tempo permainan yang lambat. Pemain Persija dan Persib bermain hati-hati, agar tidak kebobolan gol cepat.

Cara bermain itu membuat pertandingan lebih banyak berkutat di lini tengah. Persija memeroleh peluang emas pertama melalui Riko Simanjuntak di menit ke-20.

Riko memanfaatkan umpan dari Osvaldo Haay, namun bola sundulannya belum membahayakan gawang Persib yang dijaga I Made Wirawan.

Dua menit kemudian, Persib harus bermain dengan 10 pemain usai Bayu Fiqri menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Marco Motta dengan keras dalam duel perebutan bola.

Tampil dengan 10 pemain membuat Persib kesulitan untuk menekan lini belakang Persija. Sebaliknya, Persija berhasil memberikan ancaman ke gawang Maung Bandung.

Persija mendapat peluang pada menit ke-35 dari Taufik Hidayat. Namun sayang, Taufik tidak bisa memaksimalkan umpan dari Rohit Chand untuk membobol gawang Persib.

Bola sontekan Taufik tidak sempurna untuk bisa membahayakan gawang Persib.

Lalu, pertandingan Persija melawan Persib kembali berjalan dalam tempo yang lambat, sehingga tidak ada gol yang bisa tercipta hingga berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, kedua tim terus berusaha menyerang, terutama Persija yang berambisi memenangi laga.

Persija membuka keunggulan 1-0 lewat tendangan keras dari Osvaldo Haay yang berhasil memanfaatkan umpan dari Riko Simanjuntak. Kiper Persib, I Made Wirawan, tidak mampu membendung bola sepakan dari Osvaldo.

Tertinggal satu gol membuat Persib meningkatkan serangan. Mereka dapat peluang pada menit ke-68 usah dapat hadiah tendangan bebas. Sayangnya, eksekusi Ferdinand Sinaga masih berada di atas mistar gawang Andritany.

Pasukan Pangeran Biru baru berhasil membobol gawang Persija di menit ke-83 lewat tendangan bebas Ferdinand Sinaga dari sisi kiri pertahanan Persija.

Bola voli sepakan Ferdinand tidak bisa ditepis kiper Persija, Andritany. Persib kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-88.

Tendangan bebas Dedi Kusnandar berada tipis di atas mistar gawang Persija. Di masa injury time babak kedua, Persija kembali unggul atas Persib.

Osvaldo melakukan serangan balik dengan cepat. Sambil berlari mendekati lini belakang Persib, Osvaldo mengirimkan umpan kepada Riko yang dalam posisi tidak terkawal di kotak penalti.

Pemain berambut mohak itu pun berhasil membobol gawang Persib dengan tenang.

Dia menceploskan bola ke gawang I Made Wirawan dan membuat skor jadi 2-1 yang bertahan hingga babak kedua berakhir.