Situ Saeur Subang Dikeruk

Situ Saeur di Kelurahan Sukamelang Kecamatan Subang dilakukan pengerukan atau normalisasi oleh Perum Jasa Tirta (PJT) II bersama Pemkab Subang pada Kamis (7/6/2018). Kegiatan ini digelar sebagai bentuk upaya  konservasi sumber daya air di Situ tersebut.

Kegiatan ini diresmikan oleh Plt Bupati Subang H Ating Rusnatim ini dihadiri General Manager Wilayah III PJT II Agus Suranto, Dandim 0605 Letkol Inf Fikri Ferdian, Kepala BPN/ATR Subang, Kadis DPKPB Subang H Hidayat, Lurah Sukamelang, FKPPI Subang, dan lainnya.

Agus Suranto mengungkapkan bahwa semula Situ Saeur memiliki luas areal 9 hektare dengan kedalaman 5 meter. Namun saat ini areal Situ menyusut dan hanya tersisa 2,4 hektare saja dengan kedalaman kurang dari 1 meter.

“Untuk memulihkan kondisi Situ, kita melakukan upaya konservasi sumber daya air dan penataan lokasi, diantaranya dengan pengerukan atau normalisasi serta pembersihan sampah,” paparnya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembalikan Situ Saeur sebagai tampungan air untuk irigasi dan pengendali banjir, membersihkan tumpukan sampah yang dibuang ke Situ tersebut, serta penataan lingkungannya.

“Dengan dilakukan penataan lingkungan, diharapkan Situ ini dapat berfungsi sebagai taman kota/tempat wisata,” ucap Agus.

Plt Bupati Ating Rusnatim, menyebut, penataan dan normalisasi Situ Sukamelang ini sangat strategis untuk mengantisipasi potensi bencana, seperti banjir yang pernah terjadi karena luapan air sungai Cigadung.

“Kita juga berharap keberadaan Situ ini dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengantisipasi wabah penyakit akibat tumpukan sampah yang membusuk, bisa juga dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi wisata yang berdampak menumbuhkan ekonomi rakyat,” pungkas Ating.

WARTASUBANG