Sigap, Kepala Desa dan Masyarakat Dawuan Kidul Bergotong Royong Bangun Rumah Untuk Warganya Yang Tinggal Di Kandang Kambing

BENTENGPANCASILA.COM – Subang, Mempunyai sebuah rumah tinggal yang layak huni tentu menjadi impian setiap insan manusia. Inilah makna kemerdekaan yang sesungguhnya secara personal. Kendati demikian, masih banyak warga masyarakat di Kabupaten Subang yang belum mempunyai rumah layak huni.

Seperti yang di alami satu keluarga kurang mampuh, Juhra, warga dusun Dawuan 1 Desa Dawuan Kidul Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang ini. Juhra bersama istri dan 1 anaknya, selama ini menempati rumah kerabat istrinya.

Semakin lama Juhra dan istri menempati bangunan tersebut, dirinya merasa tidak enak hati dan meutuskan untuk tinggal di kandang kambing milik Yayan mulyana tempatnya bekerja.

“Ya saya memutuskan untuk tinggal di kandang saja, karena tidak ingin merepotkan keluarga” katanya.

Melihat kondisi warganya yang memprihatinkan, Suarta kepala desa Dawuan Kidul berinisiatif untuk menggerakan  warga agar bermusyawarah dan  bergotong royong membangunkan tempt tinggal sederhana yang lebih layak untuk dihuni keluarga tersebut.

“Setelah kami (pemdes) bermusyawarah dengan masyarakat, maka kami memutuskan untuk bergotong royong membangun rumah untuk Juhra”, kata Suarta.

Suarta juga bersyukur ada warga yang ikhlas mewakafkan tanahnya seluas 28 m persegi untuk untuk di tempati Juhara.

” Alhamdulillah, untuk tanahnya, H.Oli siap mewakafkan sebagian lahannya yang berada di RW 02 seluas 28 m persegi”, imbuhnya.

Dengan dana swadaya dari masyarakat dan kepala desa, rumah untuk Juhra pun mulai di bangun warga pada hari minggu 21 maret 2021. Sejak pagi warga sudah berkumpul untuk mulai pembangunan. Tidak hanya laki-laki, ibu-ibu pun ikut sibuk bergotong royong menyiapkan masakan untuk makan siang warga yang bergotong royang membangun rumah tersebut.

kepala desa Dawuan kidul pun merasa bangga terhadap warga yang di pimpinya itu, karena jiwa kepedulian dan kegotong royongan nya masih melekat dihati warganya dan dirinya berpesan agar masyarakat Desa Dawuan Kidul tetap menjaga kekompakan seperti ini siapapun nanti yang menjadi pemimpin setelahnya.

” Sebagai kepala desa tentunya saya merasa bangga dan terharu melihat kekompakan masyarakat saya yang sangat peduli dengan sesamanya ini, dan saya berpesan kepada semua masyarakat Desa Dawuan Kidul untuk selalu menjaga sikap seperti ini siapapun pemimpinnya yg akan datang, karena ini lah hakekat pancasila yang sesungguhnya”, pungkasnya.