Ruwatan Bumi, Tradisi Unik di Desa Curugrendeng Subang

Hari Krida Pertanian atau suka disebut Ruwatan bumi di dusun dan desa Curugrendeng kecamatan Jalancagak selalu di selenggarakan setiap tahun, kegiatan ruwatan bumi tersebut menurut warga merupakan tradisi turun temurun sebagai bentuk syukur warga masyarakat khususnya warga masyarakat dusun Curugrendeng, “Dengan mempertontonkan hasil pertanian yang paling bagus jadi bagian dari rasa syukur kita,” Ungkap Endangm 36 warga sekitar.

Kegiatan ruwatan bumi tersebut merupakan hajat warga masyarakat, “Keseluruhan biaya anggaran ruwatan bumi dengan buaya hiburan wayang golek semuanya didanai oleh masyarakat,” Imbuhnya.

Kades Curugrendeng mengomentari terkait dalam rangka kegiatan hari krida pertanian atau suka disebut ruwatan bumi di dusun Curugrendeng, “Benar, ini semua sudah menjadi kebiasaan warga kami sebagai bentuk rasa syukur karena perolehan hasil taninya,” ungkap Kades Wawan, Rabu ( 26/9/2018).

Wawan bahkan mengatakan jika dalam pelaksanaan ruatan bumi ini warga sudah merencanakan dari satu tahun sebelumnya, “Termasuk pelaksanaan yang di laksanakan pada hari ini, Rabu (26/9/2018) telah di persiapkan untuk tahun berikutnya,” kata Kades Wawan.

DUDI SETIADI