Puncak HUT ke-59 Pemuda Pancasila di Subang

Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Subang menggelar acara Sarasehan Kebudayaan di Halaman Sekretariat MPC PP Subang, Jl. Darmodiharjo, Kelurahan Sukamelang, Subang, Minggu (28/10/2018) malam.

Kegiatan yang merupakan puncak acara HUT ke-59 Pemuda Pancasila tingkat Kabupaten Subang ini dihadiri oleh para seniman dan budayawan Subang. Terlihat hadir juga Kabid Kebudayaan Disdikbud Subang Didin Mahpudin, dan unsur Muspika Kecamatan Subang. Serta pengurus PP, dari tingkat ranting hingga PAC.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Subang H. Endang Kosasih mengatakan kegiatan ini merupakan acara peringatan HUT Pemuda Pancasila ke-59 tahun dan Sumpah Pemuda ke-90 tahun. Selama Oktober ini bidang-bidang yang ada di MPC PP Subang sudah melaksanakan sejumlah kegiatan, dan malam ini merupakan puncaknya.

“Kegiatan ini merupakan malam penutup rangkaian bulan Pemuda Pancasila yang sudah kita laksanakan selama bulan Oktober,” kata H. Endang.

Seperti diketahui, sebelumnya selama Satu bulan telah diselenggarakan berbagai kegiatan mulai dari nonton bareng film Pemberontakan G30SPKI, donor darah, pelatihan kewirausahaan, diskusi, pengajian dan berbagai kegiatan lainnya. Dan malam puncak diisi dengan kegiatan sarahsehan kebudayaan.

“Malam ini kita Pemda Pancasila meminta petunjuk kepada budayawan di Subang, apa yang harus kita lakukan untuk melestarikan budaya ditengah era globalisasi ini. Jangan sampai kebudayaan, seperti Gemyung contohnya tidak diketahui oleh generasi muda,” katanya.

Saat ini, era globalisasi membuat kebudayaan daerah tergerus. Oleh karena itu harus ada upaya memperjuangkan kebudayaan agar tetap eksis ditengah kemajuan jaman dan teknologi.

“Jadi kita meminta petunjuk, apa yang harus kita lakukan. Makanya kita laksanakan kegiatan ini. Kita berharap setelah kegiatan ini akan ada gerakan nyata untuk kemajuan kebudayaan di Subang, khususnya bagi para pelaku budaya yang memang benar-benar budayawan,” katanya.