Puluhan Truk Bermuatan Lebih Kena Tilang

Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres Subang melakukan razia kendaraan over dimensi dan overload di jalur Bandung-Subang, Jumat (18/5/2018).

Dalam razia tersebut, petugas mendapati puluhan kendaraan truk yang melebihi kapasitas muatan. Bahkan ditemukan juga kendaraan yang lebih tinggi dari ukuran semestinya.

Razia yang dilakukan oleh petugas gabungan ini dilakukan terhadap kendataan yang melaju dari arah Bandung menuju Subang. Razia dilakukan rest area wilayah Tanjungwangi, Subang.

“Iya, Sasaran razia ini adalah kendaraan truk yang melebihi kapasitas muatan atau overload serta kendaraan melebihi batas ukuran kendaraan atau over dimensi dari ukuran yang sebenarnya,” kata Kepla Dishub Subang Rona Mairansyah.

Dalam razia ini, petugas awalnya mengecek kesesuaian surat kendaraan, dengan kondisi kendaraan/ serta muatan. Namun saat dilakukan pengukuran bodi kendaraan maupun penimbangan beban, petugas mendapati puluhan kendaraan truk yang overload.

“Bahkan kita temukn juga kendaraan truk colt diesel yang lebih tinggi, lantaran dilakukan penambahan ketinggian secara illegal,” katanya.

Razia sendiri dilakukan mengingat parahnya kerusakan ruas jalan Subang-Bandung akibat beban muatan kendaraan yang melebihi kapasitas, serta banyaknya kecelakaan akibat truk yang over dimensi.

Dalam razia ini juga petugas melepas sejumlag stiker disalah satu mobil angkutan barang karena dianggap dan sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Subang AKP Budhi mengatakan, setidaknya ada 27 kendaraan truk yang melebihi muatan maupun ukuran. Kendaraan ini langsung dikenakan tindakan tilang.

“Iya, memang targetnya kendaraan yang ditilang akan dikenakan denda maksimal, agar adanya effek jera. Razia over dimensi dan over load di jalur Subang-Bandung ini, rencannya akan rutin dilakukan apalagi saat menjelang arus mudik lebaran 2018 mendatang,” kata Budhi.