Puluhan Anggota Kodim 0605 Subang Mendadak Dites Urine

Puluhan TNI anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0605 Subang mengikuti kegiatan tes urine mendadak yang dilaksanakan di Halaman Koramil Cijambe, Jalancagak, Subang, Jumat (28/9/2018)

Tes urine itu sengaja dilakukan Dandim 0605 Subang Letkol Inf H. Fikri Ferdian sebagai upaya untuk memastikan TNI bersih dari pengaruh narkoba.

Menurut Letkol Inf. H. Fikri Ferdian melalui Pasi Intel, Kapten Inf. Wiknyo Kusumah mengatakan, tes urine itu
dilakukan saat menjelang apel pasukan atau kegiataan yang melibatkan Koramil jajaran Kodim 0605 Subang dengan melibatkan tim Kesehatan Kodim bersama dari Labotarium Kesehatan Dinkes Subang, Mahya dan Rini Mulyani.

“Hasil tes urine dari 30 orang dari 2 Koramil semuanya negatif. Tak satu pun anggota TNI di yang terlibat narkoba. Pun demikian, saya tegaskan jika ada anggota yang terlibat narkoba, pasti akan ditindak,” tegasnya.

Kegiatan semacam itu akan terus dilakukan, utamanya untuk pencegahan personel dari penyalahgunaan Narkoba.
Selain merujuk pada undang undang juga merupakan perintah dari pimpinan TNI, anggota TNI dan ASN TNI harus bebas dari Narkoba, baik sebagai pemakai, pengguna maupun pengedar.

“Kita akan selalu mengingatkan kepada seluruh anggota untuk tidak bermain main dengan Narkoba, berani main main dengan narkoba tentu sanksi hukum akan berlaku termasuk konsekuensi terberat dipecat dari kedinasan sebagai anggota TNI,” pungkasnya.

M ANWAR