Pembentukan Komisariat Sapma di Sekolah dan Pesantren Mendapat Apresiasi Positif

Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Subang bertekad membawa kaum milenial kearah yang lebih baik dengan memberi pengalaman berorganisasi.

Hal tersebut disampaikan Kabid Kepemudaan Majlis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Subang Wisnu Setia Ramdani ketika bersilaturahmi ke Ponpes Darul Falah.

Wisnu menjelaskan pemberdayaan organisasi Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) di Kabupaten Subang menjadi program unggulan bidang yang digelutinya di MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Subang. Wisnu juga menilai penting terwujudnya organisasi sayap Pemuda Pancasila tersebut di kabupaten Subang.

“Sebagai ormas kepemudaan terbesar di Indonesia kami ingin melibatkan sebanyak-banyaknya generasi muda terlibat dalam membangun bangsa, karenanya pembentukan komisariat Sapma di pondok pesantren dan lembaga pendidikan lainnya akan sangat strategis,” ungkapnya.

Dalam kesempatan diskusi pemberdayaan kepemudaan, Wisnu juga menyinggung peran serta pemuda dalam pembangunan kabupaten Subang yang memiliki proyek strategis berskala nasional

“Kaum milenial Subang juga harus melek dan ikut serta menjadi pelaku pembangunan, bukan hanya jadi penonton, adanya pelabuhan Patimban dan proyek strategis lainnya tentu harus dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat kabupaten Subang,” imbuhnya.

Dibawah Kepemimpinan H. Endang Kosasih, MPC Pemuda Pancasila banyak mengalami perubahan dan pada tahun 2018 upaya mengaktifkan organisasi sayap seperti Sapma mendapat prioritas tersendiri.

“Bergabung dengan Sapma Pemuda Pancasila tentu saja menjadi pembelajaran dalam berorganisasi dan nantinya komisariat bisa leluasa membuat program kerja, mengekspresikan keinginan, memperluas pergaulan dan menjalin jaringan secara luas dengan wawasan yang lebih terbuka,” lanjut Wisnu.

Wisnu juga mengemukakan arahan Ketua MPC Pemuda Pancasila H. Endang Kosasih tentang sayap organisasi ini sangat jelas dan harus bisa meniru MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Garut.

“Kalau tidak salah organisasi Sapma Kabupaten Garut bahkan beranggotakan ribuan pelajar mahasiswa, dan kami siap mengebrak dengan program-program kami selanjutnya untuk bisa lebih baik dalam memberdayakan potensi pelajar dan mahasiswa di kabupaten Subang ini,” kata Wisnu.

Pimpinan pondok Pesantren Darul Falah Cisalak Ridwan Hartiwan, memuji langkah maju MPC Pemuda Pancasila dalam mengorganisir pemuda danb pelajar, menurutnya pemuda merupakan masa depan bangsa ini, dan pembentukan komisariat Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila Subang di sekolah dan pesantren adalah langkah maju yang patut di dukung semua pihak.

DUDI SETIADI