Opini Wajar Dengan Pengecualian Kembali Diraih Kabupaten Subang

Opini Wajar Dengan Pengecualian Kembali diraih oleh Kabupaten Subang atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017 oleh BPK Perwakilan Jawa Barat

Plt Bupati Subang Ating Rusnatim didampingi Ketua DPRD Beni Rudiono di Bandung, Rabu (30/5/2018) telah menerima Penghargaan tersebut. Penilaian ini atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) semester I tahun 2018 (Tahap I) atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017

Opini WDP ini terasa melegakan bagi pejabat dan publik Subang. Karena setelah dua tahun berturut-turut hanya memperoleh disclaimer atau tanpa opini. Pemkab Subang pada 2017 lalu sukses mendapat WDP. Namun pada tahun bersamaan, Bupati Subang Imas Aryumningsih ditangkap oleh KPK. “Alhamdulillah tahun ini WDP, seperti tahun lalu” ungkap seorang pejabat yang turut serta ke Bandung.

Opini Badan Pemeriksa Keuangan (disingkat: Opini BPK) merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Terdapat empat jenis opini yang dapat diberikan oleh pemeriksa, yakni Wajar tanpa pengecualian (unqualified opinion, Wajar dengan pengecualian (qualified opinion), Tidak wajar (adversed opinion), Tidak menyatakan pendapat (disclaimer of opinion).

Opini Wajar dengan pengecualian (biasa disingkat WDP) adalah opini audit yang diterbitkan jika sebagian besar informasi dalam laporan keuangan bebas dari salah saji material, kecuali untuk rekening atau item tertentu yang menjadi pengecualian. Sebagian akuntan memberikan julukan little adverse (ketidakwajaran yang kecil) terhadap opini jenis ini, untuk menunjukan adanya ketidakwajaran dalam item tertentu, namun demikian ketidakwajaran tersebut tidak mempengaruhi kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.

TINTAHIJAU