Mahasiswa Hingga Caleg Hadiri Diskusi Menyongsong Pemilu 2019

Kegiatan diskusi di MPC Pemuda Pancasila Subang yang mengambil tema Menyongsong Pemilu 2019

MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Subang kembali melaksanakan agenda rutin diskusi di Sekretariat MPC PP Kabupaten Subang, Jl. Darmodiharjo, Keluarahan Sukamelang, Subang, Sabtu (6/10/2018).

Diskusi kali ini mengambil tema “Menyongsong Pemilu 2019” dengan narasumber Ketua KPU Subang Maman Suparman, Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Humas Bawaslu Kabupaten Subang Imanudin, dan Sekjen KIPP Kaka Suminta.

Sejumlah aktivis mahasiswa seperti HMI, GMNI, GPII, BEM STIESA, hingga Calon Anggota Legislatif (Caleg) terlihat hadir dalam kegiatan diskusi tersebut.

Sekjen MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Subang Yayan Suryanata mengatakan, kegiatan diskusi yang sudah menjadi agenda rutin ini sebagi bentuk kontribusi Pemuda Pancasila dalam membangun sebuah ide dan gagasan untuk kemajuan Kabupaten Subang.

“Perlu adanya keseimbangan, jadi jika selama ini kesannya kita hanya mengedepankan omongan dan otot. Agar seimbang kita juga harus mengedepankan otak,” kata Yayan yang mewakili Ketua MPC Pemuda Pancasila H. Endang Kosasih.

Menurut Yayan, dalam kegiatan diskusi kali ini, tentunya akan memberi ruang kepada peserta yang didominasi oleh mahasiswa untuk bertanya seputar Pemilu 2019 kepada penyelenggara secara langsung.

“Ruang diskusi ini tentunya tempat untuk bertanya berbagai hal, untuk tema kali ini yang mengangkat soal Pemilu, tentunya para peserta bisa bertanya yang berkaitan dengan teknis seputar Pemilu,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Subang Maman Suparman menyambut baik dengan diadakannya diskusi semacam ini. Apalagi tema yang diangkat mengenai Pemilu.

“Menjelang Pemilu itu harus dibiasakan rutin dilaksanakan kegiatan semacam ini, karena kebiasaan yang baik membuat politik santun. Kita harus bersama-sama menyamakan pemahaman kita. Jangan sampai ada gesekan,” kata Maman.

Baik Ketua KPU, Komisioner Bawaslu dan Sekjen KIPP semuanya memaparkan permasalahan yang sering terjadi saat Pemilu. Salah satu hal yang sering terjadi diantaranya adalah DPT ganda.

“Maka dari itu masyarakat harus ikut berperan aktif mengawasi. Sehingga Pemilu berjalan dengan lancar,” kata Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Humas Bawaslu Kabupaten Subang Imanudin.