Lahan PTPN VIII Ciater Disewakan Oknum Karyawan

Bentengpancasila.com – Lahan perkebunan PTPN VIII Ciater Subang yang dialih fungsikan menjadi kebun sayuran di duga disewakan oleh oknum karyawan PTPN VIII Ciater Subang, hal ini terbukti dari pengakuan para penyewa dan bukti kuitansi pembayaran kepada oknum tersebut, pernyataan ini disampaikan oleh salah seorang aktivis lingkungan dari Masyarakat Peduli Alam Subang (Mapas), Iis Rochati.

“ Jika tidak segera diatasi, alih fungsi lahan akan menyebabkan bencana erosi besar seperti banjir bandang yang pernah terjadi di tahun 2010 lalu yang mengahancurkan puluhan vila dan rumah warga,” ujar Iis.

Masih menurut Iis, luas lahan yang disewakan untuk alih fungsi tersebut mencapai puluhan hektar, terutama di Blok Gunung Karamat dan Blok Catang Angkong yang kondisinya saat ini sudah sangat mengkhawatirkan.

“ Padalah kawasan tersebut merupakan hutan Penyanggah, namun bisa dilihat saat ini malah dijadikan perkebunan sayuran oleh warga Lembang, Garut, pangalengan, bahkan ada pengusaha tanaman bunga dari Banglades, “ tambah Iis.

Iis menambahkan alih pungsi hutan penyanggah yang tingkat kemiringannya kurang lebih 35 derajat itu sudah sejak tahun 2011, namun pemerintah kabupaten maupun Pihak PTPN VIII pura-pura tidak mengetahuinya.

Sementara itu, Manager PTPN VIII Ciater, Darmawan Dwiputranto kepada wartawan mengatakan, pihaknya akan menindak tegas para penggarap yang kedapatan menggarap lahan secara ilegal.

“Tentunya dari managemen perkebunan PTPN Ciater telah melakukan berbagai upaya, salah satunya melakukan sosialisasi terhadap seluruh penggarap. Jangan sampai terjadi alih fungsi lahan,” kata Darmawan, Selasa (12/3/2019).

Darmawan juga membantah keras adanya oknum pegawai PTPN menyewakan tanah kepada penggarap. Menurutnya tidak ada oknum seperti itu. (spr)