Komir Bastaman Resmi Jabat Ketua PMI Subang

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Subang telah melaksanakan Musyawarah Luar Biasa (Muslub) di Ruang Serbaguna Badan Penelitian Pengembangan Pembangunan dan Perencanaan Daerah (BP4D) Subang, Jumat (11/5/2018).

Hasil Muslub telah disepakati bahwa Ketua PMI Kabupaten Subang Masa Bakti 2018-2023 resmi dijabat oleh DR. H. Komir Bastaman, Drs. SH., M.Si,

Muslub ini dihadiri oleh Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim sekaligus membuka acara. Selain itu dihadiri juga oleh Ketua PMI Jabar Irjen Pol Purn. Adang R yang diwakili Wakilnya. DR. H. Tjatja Kuswara, seluruh pengurus dan ranting PMI serta relawan dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati berharap adanya Muslub ini hendaknya terpilih kepengurusan yang baru dengan semangat yang baru. Terlebih, kedepan pengurus yang baru bisa lebih mengembangkan kemitraan dengan pemerintah, melalui SKPD untuk menciptakan PMI yang berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat.

“Saya ucapkan selamat atas terselenggaranya acara Muslub PMI ini. Semoga keberadaan PMI sebagai organisasi kemanusiaan semakin bermanfaat bagi bangsa dan Negara,” kata Ating.

Sementara itu pengurus PMI Kabupaten Subang, H. Kusdinar, M.Pd menjelaskan seharusnya masa bakti kepengurusan PMI Subang berakhir tahun 2019 sebagaimana keputusan Pengurusan Provinsi Jawa Barat No.084/02.03.00/SK/ORG/X/2014 tentang Susunan Pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Subang Masa Bakti 2014-2019.

“Namun karena terjadinya kondisi tertentu, dimana terdapat kekosongan ketua dan wakil serta dua orang anggota yang tidak aktif, sehingga tidak memungkinkan untuk dilanjutkan sampai periode beakhir. Diantaranya, H. Ojang Sohandi dan dr. H. Budi Subiantoro, dan ada yang tidak aktif dan tanpa ada pemberitahuan,” jelasnya.

Pelaksanaan Muslub ini kata Kusdinar, merujuk pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AS/ART) PMI serta arahan Provinsi Jawa Barat. “Dimana mengamanatkan perlu dilakukan pembentukan kepengurusan baru melalui musyawarah luar biasa ini,” ungkapnya.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Jawa Barat DR. H. Tjatja, sebenarnya Subang sudah melaksanakan Rapat Kerja pada akhir tahun 2017 dan peserta menyepakati dengan Muslub, tetapi tetap tidak ada dasar hukumnya.

“Saya gembira apalagi seluruh peserta menyepakati laporan pertanggung jawaban Pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Subang Masa Bakti 2014-2019 kepada Pimpinan Sidang. Diharapkan segera memberikan laporan bila tim formatur yang berjumlah 5 orang telah menyusun kepengurusannya,” kata H. Tjatja.