Kades Kuwungluwuk Apresiasi Giat SAPMA di Pamoyanan

Puluhan siswa SMA/K Pondok Pesantren Darul Falah, Kecamatan Cisalak, Subang mengikuti kegiatan Malam Pengenalan Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Subang Komisariat Ponpes Darul Falah.

Malam pengenalan SAPMA dilaksanakan di Bukit Pamoyanan Desa Kawungluwuk, Kecamatan Tanjungsiang, Subang pada hari Sabtu (31/8/2019) sampai dengan Minggu (1/9/2019).

Kegiatan tersebut diawali dengan long march seluruh peserta menuju Bukit Pamoyanan, kemudian acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan seperti Pelatihan Baris Berbaris (PBB), pengenalan SAPMA oleh Ketua SAPMA Kabupaten Subang Wisnu Setia Ramdani, dasar-dasar organisasi oleh Sekretaris Pemuda Pancasila Kabupaten Subang Yans Suryanata, SH, lomba kreativitas dan berbagai kegiatan lainnya termasuk fun games dan api unggun.

Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Subang, Wisnu Setia Ramdani mengapresiasi diselengarakannya acara yang diselenggarakan oleh komisariat Ponpes Darul Falah tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, yang merupakan salah satu bentuk kaderisasi di tubuh SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Subang. Saya juga ucapkan terima kasih kepada SAPMA komisariat Ponpes Darul Falah yang telah menyelanggarakan berbagai kegiatan diantaranya pesantren kilat pada bulan Ramadhan yang lalu,” ujarnya.

Wisnu juga mengungkapkan terimakasihnya kepada berbagai pihak yang telah mensukseskan kegiatan tersebut, diantaranya Kepala Desa Kawungluwuk, pengelola wisata Bukit Pamoyanan dan PAC Pemuda Pancasila Tanjungsiang, PAC Cisalak dan sekitarnya yang telah turut membantu terselenggaranya acara tersebut.

Kades Kuwungluwuk Adim, SIP mengatakan, atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) Kuwungluwuk pihaknya merasa bangga karena Pamoyanan telah dijadikan sebagai tempat giat SAPMA.

“Dulu memang Pamoyanan pernah menjadi bumi perkemahan. Dan sekarang siap memfasilitasi kegiatan serupa,” kata Adim.

Pimpinan Ponpes darul Falah Ustad Ridwan Hartiwan mengungkapkan keberadaan SAPMA memang sangat diperlukan di Ponpes Darul Falah. Selain dibekali ilmu agama dirinya menginginkan para santrinya untuk mencintai negaranya.

“Di ponpes Darul Falah bukan hanya mengajarkan ilmu agama tetapi juga menularkan rasa kecintaan terhadap 4 pilar kebangsaan, intinya supaya mereka bisa utuh memamahi ilmu agama dan mengajak untuk mencintai negaranya, Indonesia salah satunya melalui SAPMA,” ungkapnya.

Selain menyelenggarakan pengenalan SAPMA dilingkungan sekolah-sekolah, SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Subang juga akan menyelenggarakan pendidikan Dasar Kepemimpinan 2-4 September mendatang di Markas MPC pemuda Pancasila Kabupaten Subang untuk SMK TIMB Cipeundeuy.